Minggu, 20 Februari 2011

Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

Memang ini kedengarannya sepele.Tapi jangan anggap  enteng soal ini.pasalnya nabi senantiasa wudhu sebelu tidur.berwudhu,disamping bernilai ibadah juga bermanfaat
Besar bagi kesehatan .peneliti dari Universitas Alexsandria ,dr musthafa syahatah ,yang sekaligus menjabat sebagai  Dekan Fakultas THT,menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu.
 Dengan ber-istisnaq(menghirup air dalam hidung) misalnya kita dapat mencegah timbulnya penyakit dalam hidung.Dengan encuci kedua tangan ,kita dapat menjaga kebersihan tangan .Kitajuga bisa menjaga kebersihan kulit wajah bila kita rajin berwudhu.Selain itu,kita juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki kita.artinya dengan sering berwudhu kita dapat  menjaga kesehatan tubuh kita. 
Lalu ,bagaimana jika berwudhu dilakukan sebelum tidur ? Nah,para pakar kesehatan di dunia senantiasa menganjurkan agar kita mencuci kaki mulut dan muka sebelum tidur. Bahkan ,sejumlah pakar kecantikan memproduki alat kecantikan agar dapat menjaga kesehatan kulit muka.
 Tak hanya itu,sejumlah pakar kesehatan gigi juga menyarankan agar tidak lupa menggosok gigi sebelum tidur . Ini dilakukan untuk encegah rusaknya gigi dan gusi di keudian hari. Bahkan para dokter selalu enyarankan agar anak-anak sebelum tidur untuk cuci kaki sebelum naik ke tempat tidur. Di samping itu tentunya anjuran untuk berwudhu juga mengandung nilai ibadah yang tinggi. Sebab ketika seseorang dalam keadaan suci. Jika  seseorang  berada dalam keadaan suci,berarti ai dekat dengan allah. Karena allah akan dekat  dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci. Bahkan nabi muhammad bersabda “sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat dengan wajah putih berkilau-kilau karena bekas air wudhu. Barangsiapa diantara kamu yang sanggup untuk meanjangkan kilauan cahayanya,hendaklah dia lakukan(berwudhu yang sempurna ).
Adasatu riwayat yang menjelaskan tentang latar belakang keluarnya hadits soal wudhu sebelum tidur. Di  dalam kitab Al-Jami’ul kabir dijelaskan bahwa uatu hari ibnu Umar bertanya kepada Nabi,”ya rasululluh saya mempunyai janabat(hadas besar) ,apakah saya boleh tidur. Nabi menjawab “jika kamu akan tidur, maka berwudhulah terlebih dahulu”. Artinya anjuran berwudhu sebelum tidur enurut keterangan hadits ini diperuntukkan bagi orang yang meiliki hadas bear atau junub.
          Hal ini dituli dalam kitab tanqih al-Qand al-Hatsis karangan syekh muhamad bin umar an-nawawi al-mantany. Dari umar bin harits bahwa nabi bersabda :”barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu ,maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah.
Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi allah
Dengan begitu dapat disimpulkan  bahwa berwudhu sebelu tidur  merupakan anjuran nabi yang harus dikerjakan bila seseorang ingin memperoleh kemuliaan disisi allah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar